Puluhan Anggota Polisi Jalani Tes Psikologi Karena ini

Puluhan Anggota Polisi Jalani Tes Psikologi Karena ini

4
0
SHARE

 Tribratanews, Meulaboh– Puluhan anggota Polres Aceh Barat yang memiliki senjata api (senpi) menjalani tes psikologi, Hari Rabu (31/7/2019). Kegiatan yang dilaksanakan Polres Aceh Barat bersama Bagian Psikologi Biro SDM Polda Aceh itu, dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senpi dalam bertugas karena faktor psikologis.

Kapolres Aceh Barat AKBP R. Bobby Aria Prakasa S.Ik mengatakan, tes diikuti oleh Bintara Dan Perwira  personel Polres Aceh Barat dan digelar di Aula terbuka Polres Aceh Barat. Tes psikologi ulang itu dilakukan untuk mencegah adanya penggunaan senpi yang tak sesuai dengan standar operasi prosedur (SOP).

”Tes ini berlaku bagi anggota yang sudah memegang senpi secara organik dan yang baru pengajuan serta ditambah personel yang melaksanakan pengamanan objek vital (Obvit).

Kami lakukan ini untuk menghindari penyalahgunaan dalam pinjam pakai senpi milik kedinasan, terutama personel yang bertugas di bagian operasional,” ungkapnya. Menurut dia, mekanisme permohonan untuk memegang senpi di Polri itu harus sesuai dengan prosedur tetap.

Yakni, sehat jasmani dan rohani serta yang utama wajib lulus tes psikologi.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi anggota kepolisian, termasuk mengikuti psikotes tersebut. Bagi anggota polisi yang sedang memiliki masalah keluarga, mengalami gangguan kejiwaan atau depresi. Kemudian, anggota yang sedang mengidap penyakit kronis, kurang aktif dalam bertugas, tidak diperbolehkan untuk memegang senpi dinas.

”Psikotes ini diselenggarakan langsung tim dari Bagian Psikologi Biro SDM Polda Aceh. Peserta harus mengikuti tes psikologi dalam mengerjakan lembar soal, maupun tes interview,” sambungnya.

Tes itu bertujuan untuk mengetahui karakter masingmasing personel Polri pemegang Senpi baik Senpi Genggam maupun Senpi Bahu atau Laras panjang. Untuk yang lulus tes ataupun pemeriksaan psikologi calon pemegang senpi organik Polri, akan mendapatkan surat rekomendasi pinjam pakai senpi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY