Gelar Latihan Beladiri Diri Polri, Asah Kemampuan Individu Personel Polres Aceh Barat

Gelar Latihan Beladiri Diri Polri, Asah Kemampuan Individu Personel Polres Aceh Barat

76
0
SHARE

Meulaboh – Polres Aceh Barat Polda Aceh menggelar latihan berkala beladiri Polri, bagi seluruh personilnya bertempat di halaman apel Mapolres Aceh Barat pada Selasa (28/05/2024) pukul 09.00 Wib.

Latihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan serta mengasah kemampuan beladiri individu Personel Polres Aceh Barat.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana, S.I.K., M.H melalui Kabag SDM Kompol Samsir S.H pada Kasie Humas mengatakan latihan beladiri Polri diikuti oleh seluruh Personel Polres Aceh Barat dan Polsek Jajaran.

Kompol Samsir menjelaskan, latihan beladiri ini untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan anggota Polri, guna menunjang tugas dalam memberikan pelayanan, memberikan perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat.

Semua anggota ikut dalam latihan beladiri, Kata Kabag SDM, Latihan beladiri ini dilakukan secara periodik setiap semester,” ujarnya,

Kabag SDM mengungkapkan, beladiri Polri adalah kemampuan anggota Polri dalam mempertahankan diri atau melindungi orang lain, dari serangan lawan menggunakan teknik-teknik menghindar, menangkis.

Sambungnya, bahkan jika diperlukan dapat melakukan serangan balik dengan tangan kosong ataupun alat, guna memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, latihan beladiri meliputi teknik dasar beladiri Polri, pukulan, tangkisan, jatuhan, dan dasar membawa tahanan.

“Untuk teknik beladiri tanpa alat, kita latihkan bagaimana cara melepaskan pegangan tangan, melepaskan cekikan, melepaskan sekapan, dan menghindari pegangan,” kata dia.

Sementara untuk teknik beladiri dengan alat, dilatihkan penggunaan tongkat sebagai alat menghadapi tusukan pisau dan menghadapi bacokan celurit kearah kepala.

Peserta juga mendapat latihan menggunakan borgol, sebagai alat menghadapi pukulan tongkat ke arah kepala.

Kompol Samsir berharap dengan dilaksanakannya pelatihan ini, personel mampu dan sigap serta meningkatkan kepercayaan diri ketika harus berhadapan dengan para pelaku tindak kejahatan maupun pengganggu Kamtibmas di wilayah hukum Polres Aceh Barat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY