Satpolairud dan Personel Pos PAM Ops Ketupat Lakukan Pemeriksaan Diatas Kapal

Satpolairud dan Personel Pos PAM Ops Ketupat Lakukan Pemeriksaan Diatas Kapal

17
0
SHARE

Meulaboh – Dalam rangka Operasi Ketupat Seulawah 2024, Satpolairud dan Pos Pengamanan Operasi Ketupat Polres Aceh Barat Polda Aceh melakukan kegiatan Pengecekan alat- alat keselamat Kapal KMP Aceh Hebat 1 Sabang, bertempat di Pelabuhan Kuala Bubon Gampong Teungoh Kec. Samatiga Kab. Aceh Barat, Minggu (07/04/2024) pukul 09.00 Wib.

Adapun yang dilakukan pemeriksaan berupa, Sertifikat keselamatan kapal, Sekoci, Speed boad mini keselamatan, Liferaft, Life jaket, Ring bouy, Peralatan pemadam kebakaran, seluruhnya lengkap dan baik serta masih layak untuk digunakan.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana S.I.K., M.H melalui Kasat Polairud Iptu Suherman S.E pada Kasi Humas mengatakan, Satpolairud melakukan pemeriksaan diatas kapal sebelum melakukan pelayaran mengingat akhir-akhir ini cuaca buruk sering terjadi yang mengakibatkan angin kencang dan gelombang tinggi.

Lanjut Kasat, pemeriksaan Kapal KMP Aceh Hebat 1 Sabang tersebut dilakukan dalam rangka Operasi Ketupat Seulawah 2024 bertujuan untuk memastikan kelayakan operasional kapal dan kelengkapan alat keselamatan diatas kapal.

Selain itu, Kasat juga memberi himbauan kepada Nahkoda kapal dan anak buah kapal (ABK) agar memperhatikan kelengkapan diatas kapal serta mengingatkan juga untuk memperhatikan kondisi cuaca saat hendak berlayar demi keselamatan dan keamanan penumpang.

“Agar memperhatikan kondisi cuaca pada saat akan berlayar, pastikan alat keselamatan seperti life jacket (jaket pelampung) atau alat keselamatan lainnya lengkap dan memadai demi menjaga keselamatan dan keamanan penumpang saat melakukan pelayaran,” himbau Kasat

Kegiatan pemeriksaan rutin dilakukan untuk memastikan kelayakan operasional kapal sebelum melakukan pelayaran serta mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sehubungan dengan cuaca buruk.

“Dengan rutinnya dilakukan kegiatan tersebut, para penumpang akan lebih merasa aman saat dalam perjalanan dan bisa sampai ditempat tujuan dengan selamat, ” Pungkas Kasat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY