Polisi Berhasil Mengungkap Tuntas Kasus Penembakan Pospol Panton Reu di Aceh Barat

    18
    0
    SHARE

    Tribratanews, Meulaboh – Kasus penembakan Pospol Panton Reu Polres Aceh Barat berhasil diungkap secara tuntas oleh tim gabungan Polda Aceh, Polres Aceh Barat dan Densus 88 Satgaswil Aceh.

    Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy, S.H., S.I.K., M. Si yang didampingi oleh Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda, S.I.K dalam Konferensi Pers di Mapolres Aceh Barat mengungkapkan, kasus tersebut tuntas setelah empat pelaku yang sebelumnya ditetapkan sebagai DPO menyerahkan diri, Sabtu (27/11/2021).

    Mereka menyerahkan diri setelah dilakukan upaya persuasif dan berkat kerja sama dari aparatur desa yakni keuchik, ketua mukim serta pihak keluarga dari tersangka.

    Total ada delapan tersangka yang sudah diamankan dalam kasus tersebut yaitu JH (42), SJ (41), RZ (46), DM (40), AF (38), CA (53), AD (61), dan AH (56) yang telah meninggal dunia.

    “kita menerima penyerahan barang bukti berupa satu pucuk senjata api jenis M16 dan tiga pucuk senjata api jenis AK 56, kemudian peluru kaliber 5,56 sebanyak 114 butir, lalu kaliber 7,62 sebanyak 283 butir, jadi totalnya ada 397 butir,” ucap Kabid Humas.

    “Proses yang kita lakukan sangat alot dan kita membutuhkan waktu lima hari untuk meyakinkan keempat tersangka ini, setelah bapak Kapolda Aceh menjamin keselamatan mereka, dan mereka akhirnya menyadari dan menyerahkan diri ke Polres Aceh Barat.

    Keempat pelaku tidak dilakukan penahanan dengan pertimbangan subjektif dari penyidik bahwa mereka sangat kooperatif, mereka juga bersedia hadir kapan pun dibutuhkan oleh penyidik serta adanya jaminan dari keuchik, ketua mukim serta keluarga dari tersangka.

    “Proses hukum terhadap mereka sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutup Kabid Humas.

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY