Razia Gabungan Antisipasi Penggunaan Alat Tangkap Tidak Ramah Lingkungan

Razia Gabungan Antisipasi Penggunaan Alat Tangkap Tidak Ramah Lingkungan

15
0
SHARE

image1 (2)Meulaboh, Satuan Polisi Air Polres Aceh Barat beserta instasi terkait melaksanakan razia terhadap kapal nelayan yang menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan, Rabu (7/9/2016) di galangan kapal desa Panggong, Kecamatan Johan pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Target dari razia tersebut adalah kapal yang masih menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan seperti Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawl) dan Pukat Tarik (Seine Nets) seuai dengan peraturan mentri kelautan 02/PERMEN-KP/2015.

Saat razia petugas masih menemukan kapal milik warga nelayan yang menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan dengan jenis trawl mini dan temuan tersebut langsung dilakukan pemusnahan dengan cara di potong sesuai dengan kesepakatan yang dibuat antara instansi terkait dengan para warga nelayan yang disaksikan oleh Anggota DPRK Kabupaten Aceh Barat dan para panglima laut pada tahun 2014 silam serta menanda tangani Surat Pernyataan untuk tidak menggunakan alat tangkap tersebut.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Teguh Priyambodo N, SIK melalui Kasat Polair Iptu Slamet pada kesempatan tersebut juga menghimbau kepada warga nelayan untuk tidak lagi menggunakan alat tangkap Trawl mini karena dapat merusak lingkungan yang akhirnya menurunkan hasil tangkapan warga nelayan. “kalau tangkapan berkurang maka yang susah nantinya warga nelayan juga”, pungkasnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY