Sinergitas TNI-Polri Di kecamatan Meureubo Antisipasi dan Cegah Karhutla

Sinergitas TNI-Polri Di kecamatan Meureubo Antisipasi dan Cegah Karhutla

9
0
SHARE

Tribratanews, Meulaboh –  Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan rawan kebakaran, Personil Polsek Meureubo dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04 Meureubo / Kodim 0105/Aceh Barat serta anggota Batalyon 116 Garda Samudera meningkatkan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat di Gampong Ujong Tanoh Darat Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat, Rabu (12/02/2020).

Sejak pagi, Personil polsek meureubo Bripka Ahmad Yani Pinem bersama Babinsa Serda Sugeng bersama personel Batalyon 116 Garda Samudera menyisir beberapa titik di Gampong Ujong Tanoh Darat Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat yang dianggap rentan rawan karhutla.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda, S.I.K melalui Kapolsek Meureubo “Gampong Ujong Tanoh Darat merupakan salah satu Gampong yang masih terdapat lahan rawa sangat luas yang saat ini sudah mulai mengering, sehingga menjadi kerawanan sangat tinggi terhadap terjadinya kebakaran lahan,” ujar Kapolsek Meureubo

Dalam melaksanakan patroli, pihaknya bersama personel lainnya tak henti-hentinya melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga masyarakat tentang Pelaku Tindak Pidana Pembakaran lahan akan dikenakan  Pasal 69 ayat (1) huruf h UUPPLH ” Setiap orang dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar ” Jo Pasal 108 UUPPLH ”

Setiap orang yang melakukan pembakaran lahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 69 ayat (1) huruf h, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 (tiga) tahun dan paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling sedikit Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah) dan paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah), Undang-undang No.32 Tahun 2009  Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH), khususnya yang bermukim dekat lahan tersebut untuk turut menjaga dan mencegah agar tidak membakar lahan kosong dengan alasan apapun, apabila ditemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkan petugas terkait utamanya dengan Babinsa yang ada di wilayahnya.

“Karena kerawanan yang tinggi, kita juga harus ekstra dalam melaksanakan patroli sehingga lahan rawa kosong tersebut aman dari kebakaran,” tambahnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY