Polres Aceh Barat Amankan Penambang Emas ilegal

Polres Aceh Barat Amankan Penambang Emas ilegal

5
0
SHARE

Tribratanews, Meulaboh – Polres Aceh Barat mengamankan tujuh tersangka yang diduga melakukan penambangan emas ilegal di kawasan Gampong Gleng, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat.

Pelaku yang diamankan masing-masing berinisial SS, (30), ABD (38), MA (40), JLD (34), JRI (27), BHR (37) dan JP (24) yang merupakan warga Sumatera Utara, Nagan Raya dan Aceh Barat.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Andrianto Argamuda melalui Waka Polres Aceh Barat, Kompol M. zainuddin SH mengatakan, tujuh pelaku tersebut diamankan pada Selasa (23/6/2020) kemarin sekitar pukul 17.50 WIB.

Dari tujuh tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit ekskavator (beko), satu botol bekas berisi air mineral berisi butiran emas yang bercampur tanah dan air serta satu set asbuk (alat penyaring emas) dan alat indang emas.

Kasat Reskrim Polres Aceh Barat, AKP Permohonan Harahap menambahkan, daerah penambangan emas ilegal itu sudah menjadi pantauan Sat Reskrim Polres Aceh Barat sejak lama karena memang berpotensi terjadinya penambangan ilegal.

Aparatur Desa / gampong di kawasan berpotensi terjadi ilegal mining telah kita berikan sosialisasi agar jangan ada yang merusak lingkungan dengan adanya penambang ilegal. Namun, masih juga ditemukan warga yang masih melakukannya.

“Di wilayah Aceh Barat, ada dua kecamatan yang sudah menjadi pantauan kita pihak kepolisian yang memang dipetakan masuk dalam rawan terjadi praktik ilegal mining, yaitu Kecamatan Sungai Mas dan Kecamatan Panteu Ceureumen,” Ungkap kasat reskrim.

“Penangkapan dilakukan setelah mendapat informasi dari masyarakat setempat terkait adanya aktivitas penambangan emas ilegal di kawasan Sungai Mas,” tambah Kasat Reskrim.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY