Kapolres Aceh Barat Terjun Langsung Padamkan Titik Api di Lokasi Karhutla

Kapolres Aceh Barat Terjun Langsung Padamkan Titik Api di Lokasi Karhutla

8
0
SHARE

Tribratanews, Meulaboh -Kebakaran hutan dan lahan di Aceh Barat tepatnya di kecamatan meureubo gampong Peunaga Cut Ujung makin meluas dikarenakan musim kemarau beberapa bulan terakhir dan kencangnya angin serta lokasi yang sulit dilalui oleh kendaraan pemadam roda empat membuat Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda, S.I.K turun langsung melakukan pemadaman dan pendinginan di sejumlah lahan yang terbakar di Gampong Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat pada Minggu (28/02).

Kapolres yang didampingi oleh PJU Polres Aceh Barat dan Kapolsek Meureubo Bersama TNI Serta Satuan Tugas BPBD gabungan Operasi Karhutla dengan semangat berjibaku memadamkan api yang menyala di seputaran lahan gambut di Gampong Peunaga Cut Ujong Yang berbatasan dengan wilayah Nagan Raya. Senin (01/03/2021)

“Kita Satgas Karhutla Polres Aceh Barat berserta BPBD turun bersama padamkan api di Gp. Peunaga Cut Ujong ini, apinya cukup besar dan kami sempat kesulitan memadamkan titik api dikarenakan lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan gambut serta sulitnya akses masuknya mobil Damkar ke lokasi tersebut”ungkap Kapolres.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda juga menambahkan, Polres Aceh Barat sudah memetakan daerah rawan kebakaran hutan dan lahan. Personil Polres Aceh Barat serta perlengkapan pemadaman juga sudah disiapkan mulai dari tingkat Polres sampai Polsek, namun karena lahan yang terbakar didominasi struktur gambut kering serta beberapa titik api yang sulit untuk diakses oleh mobil Damkar sehingga pemadaman dan pendinginan jadi sulit.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda, S.I.K juga menegaskan bahwa petugas gabungan dari TNI Polri dan BPBD serta Pamhut terus berupaya semaksimal mungkin untuk memadamkan titik api dan juga memastikan bahwa seluruh jajaran Polres Aceh Barat terus memantau titik api di setiap harinya serta melakukan upaya pemadaman apabila ditemukan titik api di wilayahnya hingga benar – benar padam.

Jajaran Polres Aceh Barat melalui Bhabinkamtibmas juga telah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, Ujar Kapolres Aceh Barat

Tak lupa pula Kapolres Aceh Barat menegaskan bahwa ada sanksi hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan, dan kami minta masyarakat bisa bekerjasama dengan Kepolisian untuk mencegah dampak kebakaran hutan maupun lahan yang dapat merugikan banyak pihak terutama masyarakat akibat dampak asap karhutla dan hilangnya habitat bagi binatang liar yang ada di hutan teraebut,”pungkasnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY