Dokkes Polres Aceh Barat Cek Kesehatan Etnis Rohingya di Pengungsi

Dokkes Polres Aceh Barat Cek Kesehatan Etnis Rohingya di Pengungsi

27
0
SHARE

Meulaboh – Tim Dokkes Polres Aceh Barat Polda Aceh melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin terhadap imigran Rohingya yang ditempatkan di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Gampong Suak Nie Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat.

Tim Dokkes khawatir kedatangan manusia perahu ini bisa membawa berbagai penyakit yang bisa menular kepada masyarakat lokal lainnya, Minggu (24/03/2024) pukul 12.00 Wib.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana S.I.K., M.H melalui Kasie Dokkes Aipda Muchlis S.Kep pada Kasie Humas AKP Mawardi mengatakan kita dari Tim Dokkes Polres Aceh Barat melakukan pemeriksaan terhadap Etnis Rohingya di tempat Pengungsian Sementara.

Kasie Dokkes Polres Aceh Barat, Muchlis S.Kep menilai hal tersebut sangat penting dilakukan, apalagi masyarakat kian ramai mendatangi tempat pengungsian sementara yang kerap berinteraksi dengan pihak imigran.

“Tim hanya melaksanakan tugas negara, siapapun dia akan kita layani dengan baik. Apalagi ini bicara kemanusiaan, secara medis tidak ada perbedaan apapun. Masyarakat agar di pahami soal ini,” kata Muchlis.

Sementara itu, Muchlis meminta masyarakat jangan berstigma negatif terhadap apa yang sudah dilakukan pemerintah, bicara kemanusiaan tentunya dilematis, jika tak di tolong maka kita seperti tidak bersosial sementara jika ditampung saat ini ada penilaian yang tidak baik dari sebagian orang.

Baginya, kemanusiaan harus dihidupkan sesama manusia, sebagaimana juga agama mengajarkan bahwa hubungan manusia dengan manusia lainnya atau saling menolong adalah kewajiban sesama.

“Jika dikemudian hari ada dugaan tentang aktivitas tak baik dibalik kedatangan imigran Rohingya ini itu menjadi bagian dari hal lain tak berkaitan dengan medis, pungkas Muchlis.

“Kita periksa secara berkala terhadap 75 Orang Etnis Rohingnya di tempat Pengungsian agar jika ada penyakit yang diderita oleh orang Rohingya tidak menular ke masyarakat lokal hal ini yang sedang kita upayakan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY